Iklan

Hipertensi atau Darah Tinggi T Tempat Bekam Surabaya Gresik | Pondok Bekam Indonesia

Posted by Pondok Bekam Indonesia on Sabtu, 22 September 2012

Hipertensi
(Tekanan Darah Tinggi)
Definisi Hipertensi
Definisi Hipertensi adalah naiknya tekanan darah hingga lebih dari 140/90 mmHg. Biasanya penyakit ini datang pada usia lanjut, meskipun pada kasus tertentu dapat ditemui  pada usia muda. Hipertensi kadang-kadang menyebabkan terjadinya beberapa masalah pada pembuluh darah otak dan jantung.

Jenis-Jenis Hipertensi 
  • Hipertensi  Primer : Jenis ini menimpa mayoritas penderita hipertensi.
  • Hipertensi Sekunder : Jenis ini adalah Hipertensi yang menyertai  beberapa penyakit lain, seperti ginjal, kehamilan, atau beberapa penyakit yang berhubungan dengan hormone.

Gejala | Tanda-tanda| Ciri-ciri Hepertensi | Darah Tinggi


Pembahasan tentang Gejala atau tanda-tanda atau ciri-ciri hepertensi – darah tinggi ini cukup panjang untuk itu akan kami jadikan astikel tersendiri InsyaAllah, Coba Klik [Disini]--Artikelnya belum di posting
Faktor Penyebab Hipertensi

Hingga sekarang belum diketahui secara pasti factor penyebab yang memicu terjadinya Hipertensi. Tetapi ada beberapa teori dan factor penyebab yang diyakini memicu terjadinya hipertensi, diantaranya: 
  • Penigkatan aktivitas system saraf simpatis (sympathetic nervous system), yang mengakibatkan meningkatnya kecepatan detak jantung. Akibatnya volume darah yang keluar dari jantung (cardiac out put) meningkat, sementara itu reflex baroreseptor menurun.
  • Peningkatan produksi enzim yang berperan sebagai  system renin angiotensin. Enzi m ini diproduksi oleh beberapa sel di pembuluh darah akibat adanya beberapa stimulant, antara lain :
    • Penurunan tekanan perfusi ginjal (renal perfusion pressure).
    • Penurunan volume darah dalam pembuluh darah.
    • Peningkatan sistem saraf simpatis
    • Perenggangan dinding pembuluh darah
    • Kekurangan kadar potasium darah (hopokalaemia)
    • Kelebihan produksi hormon aldosteron oleh kelenjar adrenal
    • Penumpukan unsur sodium  (Na) didalam darah dan kurangnya pengeluaran unsure ini melalui urin. Akibatnya, terjadilah peningkatan plasma darah sehingga menaikan tekanan darah
Manfaat Bekam Terhadap Hipertensi
Bekam merupakan metode pengoban rasul yang terbaik, bekam sangat baik untuk pengobatan banyak penyakit. Berikut ini manfaat bekam terhadap kasus Hipertensi atau Darah Tinggi :
  • Bekam berperan menenangkan sistem saraf simpatik (sympathetic nervous system). Pergolakan pada sistem saraf simpatik ini mensitulasi sekresi enzim  yang berperan sebagai sistem angiotensin. Setelah sistem ini tenang dan aktivitasnya berkurang , maka tekanan darah akan turun.
  • Bekam berperan menurunkan volume darah yang mengalir di pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah.
  • Bekam mengendalikan kadar hormone oldesteron sehingga mengendalikan tekanan darah pula.
  • Bekam dapat merangsang pengeluaran Zat Nitrit Oksida (NO) yang berperan dalam vasodilatasion (proses pelebaran pembuluh darah), sehingga menyebabkan turunnya tekanan darah.
  • Kadar sodium didapati menjadi proporsional setelah dilakukannya bekam, sehingga menurunkan tekanan darah.
  • Bekam berperan menstimulasi reseptor-reseptor khusus yang terkait, dengan penciutan dan perenggangan pembuluh darah (baroreseptor) sehingga pembuluh darah bias merespon berbagai, stimulus dan meningkatkan kepekaannya factor-faktor penyebab hipertensi.
  • Bekam melalui zat Nitrit Oksida (NO), berperan meningkatkan suplai nutrisi dan darah yang dibutuhkan oleh sel-sel dan lapisan-lapisan pembuluh darah arteri maupun vena, sehingga menjadikannya lebih kuat dan elastic serta mengurangi tekanan darah. Penderita Hipertensi pun mendapat kesembuhan dengan izin Allah.
Catatan :
  • Penderita hipertensi sangat disarankan berhenti mengkonsumsi makanan-makanan pedas dan mengandung banyak sodium seperti garam dan acar. Juga harus menghentikan merokok.
  • Penderita hipertensi sangat disarankan berusaha mengurangi kelebihan berat badan. Hal itu akan membantu menurunkan tensi darah.
  • Penderita hipertensi sangat disarankan menghindari situasi-situasi yang menimbulkan tekannan psikologis atau dampak psikologis yang buruk.  Tambahan dari Pondok Bekam Indonesia, jika anda seorang Muslim pemahaman terhadap ‘Tawakkal” kepada Allah menjadi sangat membantu, serta perbanyak dzikrullah “ Ketahuilah,  hanya dengan dengan dzikrullah qolbu anda akan tentram dan tenang”. Ketenangan anda akan menurunkan tekanan darah.
  • Penderita hipertensi hendaklah rutin melakukan berbagai  macam olahraga, seperti jalan kaki, lari dan renang, hal ini akan membantu mengatur tekanan darah.
  • Penderita hipertensi  hendaklah mengkonsumsi obat (herbal) anti hipertensi secara teratur, dan menghentikan obat-obatan tersebut pada hari terapi, agar tidak menurunkan tensi secara drastis.
  • Jika ada penyakit selain hipertensi seperti penyakit ginjal, liver, penyumbatan pembuluh darah, kolesterol tinggi dan lainnya dapat diterapi secara terpisah atau bersamaan dengan kombinasi dari obat herbal pilihan
  • Tekanan darah harus diperiksa baik sebelum maupun sesudah terapi
  • Penderita hipertensi dan penyakit lainnya harus menggunakan atau mengkombinasikan metode pengobatan nabi (At-Thibbun Nabawi ) lainnya, seperti, dzikir (Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah hati akan tenang), do’a, shalat lail, Infaq, Shadaqo dll.
Eksperimen dan Hasil Terapi Bekam

Menurut DR. Ahmad Razak Sharaf hasil bekam untuk kasus Hepertensi adalah “baik” Hasil tersebut terlihat sejak terapi pertama kali. Tetapi beberapa hari kemudian , tekanan darah akan naik sekali lagi. Oleh karena itu harus terapi dilakukan secara rutin, hingga mencapai hasil yang permanen. Terapi yang diperlukan untuk penderita hipertensi ini bias mencapai 8 kali pertemuan. 

Catatan Tambahan dari Pondok Bekam Indonesia
Salah satu pendiri utama  Pondok Bekam Indonesia dahulu juga penderita Darah Tinggi atau Hipertensi sampai  +- 180/ 140 pada usia sekitar 35 tahun, Alhamdulillah pada saat tulisan ini di buat tensi  berkisatr antara 130/ 100 sampai 120/90 dengan masa monitoring selam kurang lebih 3 bulan. Sekarang kami,  Di Pondok Bekam Indonesia biasa  menangani Hipertensi/ Tekanan Darah Tinggi dengan beberapa model :

Pertama : Untuk Hipertensi Primer yang penyebabnya belum banyak diketahui, namun menurut kami Hipertensi Primer lebih banyak dipicu oleh factor-faktor umum seperti;  capek, lelah, letih baik  secara fisik maupun mental atau faktor pencetus lain seperti kekurang air yang berakibat pada sembelit (susah BAB) dll. Hipetensi tipe ini biasanya segera turun setelah dibekam dan tidak gampang kambuh jika factor pemicunya dapat diminimalisir dihindari . Untuk kasus hipertensi atau darah tinggi seperti ini terapi pendamping seperti  terapi herbal  pilihan  masih bersifat pelengkap.
Kedua : Untuk Hipertensi Skunder yang penderitanya lebih sedikit namun penyebabnya sudah lebih jelas yaitu penyakit lain yang menyertainya, seperti masalah pada ginjal, kolestero, penyumbatan pembuluh darah dan lainnya. 

Terkadang permasalahan pada ginjal tidak terdeteksi pada hasil lab, namun secara sederhana biasanya kami menggunakan analisa telapak tangan maupun analisa melewati iris mata atau iridology yang mana analisa ini lebih bersifat preventif (biasanya meskipun dari hasil lab belum menunjukkan permasalahan, namun tahapan kelemahan organ sudah mulai tampak pada iris mata).

Nah, untuk Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi Skunder ini Terapi Bekam merupan Terapi Utama yang harus disinergikan dengan terapi lainnya untuk mencapai hasil yang maksimal, seperti Terapi Refleksi dan Obat Herbal Pilihan. Kebanyakan dari penderita hipertensi skunder ini sudah menggunakan obatan kimia sintetik dalam jangka waktu yang cukup panjang, sehingga terapi lainnya seperti Terapi Obat Herbal sangat dibutuhkan untuk kepentingan detoksifikasi terhadap lima organ utama. Tentu saja ini memerlukan kesabaran, istiqomah, biaya, dan waktu.

Tags : hipertensi,darahtinggi,obat,terapi,bekam,refleksi,herbal,primer,skunder,pondok bekam Indonesia,kolesterol,iridology,manfaat

Baca Juga
Gejala | Tanda-tanda| Ciri-ciri Hepertensi | Darah Tinggi

Previous
« Prev Post

Related Posts

16.28

0 komentar:

Posting Komentar